MASA PENGENALAN LINGKUNGAN SEKOLAH DI KOTA MADIUN TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS), juga dahulu dikenal dikenal sebagai Masa Orientasi Siswa (MOS) atau Masa Orientasi Peserta Didik Baru (MOPD), merupakan sebuah kegiatan yang umum dilaksanakan di sekolah setiap awal tahun ajaran guna menyambut kedatangan para peserta didik baru.

Masa orientasi pelaksanaannya di tingkat Taman Kanak – kanak (TK) sampai dengan Sekolah Menengah seluruh sekolah negeri maupun swasta menggunakan cara itu untuk mengenalkan almamater pada peserta didik baru.

MPLS dijadikan sebagai ajang untuk melatih ketahanan mental, disiplin, dan mempererat tali persaudaraan. MPLS juga sering dipakai sebagai sarana perkenalan siswa terhadap lingkungan baru di sekolah tersebut. Baik itu perkenalan dengan sesama siswa baru, kakak kelas, guru, hingga karyawan lainnya di sekolah itu. Tak terkecuali pengenalan berbagai macam kegiatan yang ada dan rutin dilaksanakan di lingkungan sekolah.

Pelaksanaan Tahun Ajaran Baru sudah dimulai namun kondisi penyebaran Covid-19 masih tinggi, Lebih dari 91% populasi siswa di dunia ini dipengaruhi oleh  penutupan sekolah dampak pandemik COVID 19 (UNESCO). Survei KPAI mengungkapkan bahwa 139 (17,5%) dari 800 orang anak di Indonesia terpapar corona, 80% orang tua siswa menghendaki tetap belajar dari rumah, Maka perlu adanya alternatif dalam pelaksanaan MPLS khusus Siswa Baru.

Dalam Pembukaan MPLS yang dilaksanakan secara virtual oleh Dinas Pendidikan  Kota Madiun yang bertemakan “Menggali Potensi Diri Melalui Belajar dari Rumah Merajut Sukses Masa Depan” yang dibuka langsung oleh Ibu Wakil Walikota Madiun INDA RAYA pada hari ini (12 Juli 2021), beliau menyampaikan bahwa dengan MPLS ini sebagai konsep pengenalan diri siswa dengan struktur yang ada disekolah dan lingkungannya walaupun dengan Daring.  Dan Beliau menekankan jangan ada hal – hal yang bersifat perploncoan.

Di sampaikan pula, dengan adanya Teknologi Informasi Digital yang dibangun pemerintah kota untuk menuju SMART CITY diharapkan dapat membantu para siswa untuk pembelajaran daring karena sudah terbangun sebanyak 1.750 titik hotspot/wifi gratis.

Dalam Pembukaan MPLS ini di hadiri oleh Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, Ketua Komisi I DPRD, Pengawas Sekolah, Kepala Sekolah, Perwakilan Orang tua Siswa dan Siswa yang cukup interaktif karena antara DPRD dan Pemerintah Kota Madiun sangat berkomitmen demi kemajuan pendidikan di Kota Madiun.