KMD PRAMUKA KOTA MADIUN 2022

PRAMUKA SIAPA YANG PUNYA  ….3 X, YANG PUNYA KITA SEMUA…
PRAMUKA APAKAH LAMBANGNYA …..3x, LAMBANGNYA TUNAS KELAPA…

MADIUN – Itulah selarik syair yang dinyanyikan oleh peserta Kursus Pembina Mahir Tingkat Dasar ( KMD ) yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Kota Madiun bekerjasama dengan Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Madiun. Kegiatan KMD ini berlangsung sejak Minggu tanggal 2 Oktober 2022, mulai pukul 07.00 WIB – selesai di Bumi Perkemahan Ngrowo Bening. Rencananya kegiatan ini akan berakhir pada Jumat tanggal 7 Oktober 2022.

Jumlah Jam Pelajaran yang harus ditempuh oleh peserta adalah 70 Jam pelajaran dengan durasi @ jam Pelajaran 45 menit. Kegiatan diawali dengan materi Dinamika kelompok, Pre Test , penjelasan Orientasi Kursus, Fundamental Kepramukaan dan Profil Pembina Pramuka yang ideal. Materi disampaikan oleh Tim Korps Pelatih yang dipimpin oleh  Kepala Bidang Kurikulum, sekaligus sebagai Pimpinan Kursus Pelatih Kwarcab Kota Madiun.

Kegiatan ini merupak bentuk implementasi dari Dinas Pendidikan Kota Madiun sebagai bagian dari program kurikulum, utamanya penerapan Program Kementerian Pendidikan dan Kebuyaaan  no 63 Tahun 2014 tentang Ekstrakurikuler Wajib Kepramukaan. Dalam kegiatan ini materi disajikan dalam bentuk outdoor learning dengan kosep Learning By Doing. Peserta yang terdiri dari Kepala Sekolah dan Guru SD / SMP sekota Madiun sejumlah 100 orang.

“Tujuannya tidak lain agar para guru dan kepala sekolah memahami dan menerapkan kegiatan ini di sekolah secara benar sesuai AD / ART Gerakan Pramuka yang ada dalam UU Gerakan Pramuka , “ ungkap Kabid Kurikulum Pembinaan Bahasa dan Sastra.

Untuk lebih lengkap tentang materi dan jenis kegiatan yang ada dalam KMD tersebut akan disampaikan secara rinci , setelah peserta mengikuti di hari ketiga sampai dengan hari ketujuh. ……… ( bersambung)(nar/dok : sh/nk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *