DINAS PENDIDIKAN KOTA MADIUN

Dinas Pendidikan Kota Madiun

KURIKULUM MERDEKA PAAUD-PKBM

Published by admin on

MADIUN – Kota Madiun sebagai sebutan Kota Pendekar ternyata masih terdapat lagi predikat Kota Madiun sebagaimana Pancakarya , yaitu sebutan sebagai Kota Pintar.  Untuk sebagai wujud bahwa Kota Pintar, Dinas Pendidikan Kota Madiun selalu getol dalam menerapkan kebiajakan Kementrian Pendidikan Kebudayaan Ristek tentang Merdeka Belajar.  Kota Pintar artinya bahwa masyarakat di kota Madiun harus mendapatkan layanan pendidikan yang bermutu dan berdaya saing serta menggunakan tehnologi informasi sebagai sarana untuk mempercepat mutu sebagai Kota Pintar. Salah satu yang dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan Kota Madiun , melalui bidang Kurikulum Pembinaan Bahasa dan Sastra adalah Workshop Penyusunan Kurikulum Operasional Sekolah dalam Merdeka Belajar bagi para Kepala PAUD (  TK-KB/SPS) dan jenjang Pendidikan Non Formal yaitu PKBM di Kota Madiun .

Pelaksanaan kegiatan selama 3 hari berlangsung di salah satu hotel di Kota Madiun, yang diikuti peserta sejumalah kepala PAUD 159 orang dan pengelolan PKBM sejumlah 43 orang.  Dengan menghadirkan Narasumber dari praktisi sekolah penggerak yang telah menerapkan kurikulum merdeka dari Sidoarjo dan Surabaya.

                “Tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan langkah teknis kepada para peserta agar bisa menyusun kebijakan di sekolahnya tentang kurikulum merdeka sesuai dengan potensi dan kebutuhan para siswanya. Penggunaan Platform Merdeka Mengajar sebagai media Sosialisasi Praktik baik di tiap sekolah perlu diaktifkan, sebagai bentuk dukungan tranformasi pembelajaran di era digitalisasi pembelajaran.  Tujuan lainnya agar kepala sekolah dan guru bisa memahami bagaimana  implementasi pembelajaran transisi PAUD-SD di terapkan di saat MPLS pada tahun pelajaran bulan  Juli nanti , “ ungkap Kabid kurikulum saat memberikan arahan tentang tugas dan aktifitas yang harus diselesaikan oleh peserta kegiatan.  

PAUD Berkualitas adalah PAUD yang bisa memberikan layanan kebutuhan tumbuh kembang peserta didik di usia Golden Age. Dan PKBM adalah salah satua layanan pendidikan non formal untuk membantu mengatasi kendala ketuntasan lama belajar di kota Madiun. (nar/dok:sh/nk)

Categories: Berita