DINAS PENDIDIKAN KOTA MADIUN

Dinas Pendidikan Kota Madiun

CERITA NUSANATARA dari ANAK SMP KOTA MADIUN

Published by admin on

MADIUN – Pagi yang sejuk dan cerah, dibawah pohon trembesi dan masih di halaman Dinas Pendidikan Kota Madiun serta untuk mengetahui lebih banyak tentang cerita asal usul suatu tempat /daerah atau asal usul terjadi sebuah kesenian/budaya maka para siswa SMP di Kota Madiun hari ini Rabu (1/3) sedang bercerita tentang peristiwa peristiwa tersebut di atas. Yaah… karena para siswa tersebut bercerita dalam ajang Lomba Cerita Nusantara .

Kegiatan ini merupakan lomba lanjutan sebagaimana yang diikuti siswa SD pada 2 hari sebelumnya. Peserta lomba diikuti oleh seluruh sekolah SMP di Kota Madiun . Masing-masing sekolah mengirimkan 2 siswa yang harus tampil bersama dalam bercerita. Banyak ragam cerita yang ditampilkan. Ada yang menceritakan asal usul Reog Ponorogo, asal usul Telaga Sarangan atau Ngebel, ada juga yang menceritakan asal terjadinya suatu daerah di Madiun seperti Sogaten, Mejayan, Kuncen dan sebagainya. Dengan pakaian adat yang dikenakan para siswa sangat menghayati isi cerita yang dimainkan.

Hasil lomba ini akan ditentukan dengan kejuaraan juara I, II, III, Harapan I, Harapan II dan Harapan III.

Dengan penilaian meliputi Teknik Bercerita, Materi, Isi Cerita dan Penampilan untuk menentukan siapa yang tepat sebagai pemenang, membuat para peserta saling berekspresi dengan berbagai properti yang mendukung materi cerita. (nar/dok:sh/nk)




Categories: Berita

0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *