DINAS PENDIDIKAN KOTA MADIUN

Dinas Pendidikan Kota Madiun

Kursus Pembina Pramuka Tingkat Dasar “Pramuka Produktif Kota Madiun Maju Mendunia”Kursus Pembina Pramuka Tingkat Dasar

Published by admin on

MADIUN – Dinas Pendidikan kota Madiun bersama Pusdiklatcab Canda Bhirawa menyelenggarakan Kursus Pembina Pramuka Tingkat Dasar (KMD) tahun 2023 pada tanggal 10 s.d 14 Juli 2023. Kegiatan ini merupakan program dari Bidang Kurikulum Dinas Pendiidkan untuk mencetak kader Pembina Pramuka di tingkat SD dan SMP dikota Madiun, sebagai bagian dari pemenuhan tenaga Pembina Pramuka tersertifikasi sesuai dengan UU Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka dan AD ART Gerakan Pramuka hasil Keputusan Musyawarah Nasional (Munas) X Gerakan Pramuka Tahun 2018 Nomor: 07/Munas/2018.

Dalam laporannya Kepala Dinas Pendidikan menyampaikan bahwa Dinas Pendidikan menjamin kualitas guru dlm menerapkan ekskul wajib kepramukaan harus disiapkan seorang pembina pramuka yang kompeten sesuai prinsip dasar kepramukaan dan metode kepramukaan . Pimpinan kursus pada KMD tahun 2023 ini adalah Kabid Kurikulum Pembinaan Bahasa dan Sastra, yg mendapatkan amanah menerima benders tunggul pelatihan dari Walikota Madiun selaku Kamabicab.

Kegiatan diikuti 100 Pembina Pramuka Siaga dan Pramuka Penggalang dari setiap SD dan SMP Negeri-Swasta seKota Madiun (unsur Kepala Sekolah dan Guru). Tema KMD tahun 2023 “Pramuka Produktif Kota Madiun Maju Mendunia”. Acara diawali dengan pembukaan secara resmi oleh Walikota Madiun Drs. H. Maidi, SH.,MM., M.Pd. selaku Kamabicab, dan dihadiri Ka Kwarcab beserta Pengurus, Kepala Dinas Pendidikan kota Madiun serta pimpinan OPD, dan Tim Pelatih Pembina Pusdiklatcab Canda Bhirawa Kota Madiun.

Dalam sambutannya walikota Madiun berharap gerakan pramuka Kota Madiun melalui para pembina yang terlatih untuk menjadikan Pramuka yang produktif, berdaya guna dan berhasil guna untuk mendukung kemajuan Kota Madiun yang semakin dikenal oleh dunia luar, dengan pendidikan karakter kepramukaan diharapkan anak didik di kota Madiun menjadi generasi maju dan mampu bersaing di dunia global. (nar/dok:hmd/nk)

Categories: Berita