DINAS PENDIDIKAN KOTA MADIUN

Dinas Pendidikan Kota Madiun

PENTAQUE UNTUK SD DAN SMP

Published by admin on

MADIUN – Bulan kedua semester genap, para kepala sekolah SD SMP se – kota Madiun bersemangat dan Nampak ceria . keceriaan mereka tergambar pada kegiatan yang terlaksana pada jumat Pagi 3 Pebruari 2023 di GOR Wilis Kota Madiun. Mereka beradu lempar bola besi di tengah lintasan yang telah disiapkan  di sarana olahraga di Kota pecel ini. Pentanque. Ya…., “Pentanque”…. Para Kepala Sekolah menyebutnya.  Mereka baru mendengar istilah tersebut saat mereka dikenalkan oleh tim dari FOPI ( federasi olahraga pentanque Inodonesia ) kota Madiun. Olah raga yang mirip bermain kelereng atau permainan tradisional  Jawa tempo doloe. Ada bola besar terbuat dari besi  sebesar bola tenis ( BOSI )  dan ada bola kecil terbuat dari bahan kayu ( BOKA )  sebesar bola bekel  adalah  alat permainan yang seru dimainkan oleh para Kepala Sekolah SD-SMP.

Teknik permainan sederhananya adalah dua regu  harus saling melempar bola besar ( BOSI ) ke paling dekat ke bola kayu ( Boka ) dengan jarak minimal 6 meter s/d 10 meter . setiap regu diberikan 3  atau BOSI utk dilemparkan, agar paling dekat dengan bola kayu. “seru , ternyata , ungkap salah satu kepala sekolah SMPN 1 Sujitno…. Olah raga ini melatih kecermatan, astimasi, konsentrasi dan mengendalikan emosi, cocok untuk diterapkan disekolah sebagai pendukung pendidikan karakter maupun prestasi olahraga. Harapan saya, “ Dinas pendidikan bisa memfasilitasi olah raga ini melalui Sosialisasi ke guru olahraga.”

Pada kesempatan lain, Kepala Dinas Pendidikan Kota Madiun, Dr. Lismawati, S.Pd, M.Pd juga memberikan apresiasi bahwa apapun olahraga yang bisa diterapkan sebagai bagian kurikulum pasti akan didukung agar mencapai prestasi tertinggi.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Kabid Kurikulum, “Kami berharap ada event yang diselnggarakan oleh FOPI di tingkat Kota Madiun agar olah raga ini bisa menjadi memasyarakat di sekolah. “
(nar/dok:sh/nk)

Categories: Berita

0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *