DINAS PENDIDIKAN KOTA MADIUN

Dinas Pendidikan Kota Madiun

KOMUNITAS BELAJAR MELALUI KKG – MGMP

Published by admin on

MADIUN – Mutu pembelajaran adalah salah satu kunci keberhasilan pencapaian mutu pendidikan. KKG-MGMP yang sudah ada adalah wadah atau forum para guru untuk berbagi ide, pengalaman, kebdala dan solusi dalam meningkatkan mutu hasil pembelajaran.

Program merdeka belajar menjadi tantangan bagu guru SD dan SMP Kota Madiun untuk mewujudkan program Madiun sebagai Kota Pintar. Tantangan tersebut adalah setiap guru atau kelompok wajib menunjukkan aksi nyata dan bukti karya proses pembelajaran pada platform merdeka belajar yang disediakan Kemendikbudristek. Dari unggah aksi nyata dan bukti karya tersebut akan bisa menjadi sumber ide berbagi praktik baik antar komunitas guru.

Dinas Pendidikan pada Bidang Kurikulum, Pembinaan Bahasa Dan Sastra memberikan fasilitas dalam Workshop KKG MGMP SD dan SMP untuk meningkatkan produktifitas aksi nyata dan bukti karya pada platform merdeka belajar.

Peserta terdiri dari guru SD sebanyak 112 orang, guru SMP sebanyak 88 orang dengan didampingi oleh fasilitator Kopral AE Kota Madiun yang diselenggarakan selama 3 hari sejak tanggal 3 – 5 Oktober 2023. Hadir narasumber utama Bapak Walikota Madiun yang menyampaikan materi “Guru harus banyak ilmu dan pengalaman”

Dalam laporan Kepala Dinas Pendidikan Dr. Lismawati, S.Pd., M.Pd. menyampaikan bahwa guru adalah agen perubahan karakter yang menghasilkan peserta didik yang berilmu, berbudi pekerti luhur sebagai profil pelajar pancasila.

Hasil kegiatan selama 3 hari ini adalah program nyata komunitas belajar guru SD dan SMP untuk meningkatkan aksi nyata dan bukti karya pada PMM serta program guru BK dalam meningkatkan sekolah ramah anak, sebagaimana dijelaskan oleh Kabid Kurikulum Pembinaah Bahasa dan Sastra saat memberikan penjelasan teknis tentang kegiatan yang harus dilakukan oleh peserta workshop.
(nar/dok:sh/nk)

Categories: Berita

0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *