DINAS PENDIDIKAN KOTA MADIUN

Dinas Pendidikan Kota Madiun

MANASIK UMROH BENTUK PEMBELAJARAN FAKTUAL

Published by admin on

Labbaik Allahumma labbaik…
Labbaik laa syarika laka labbaik…
Innal hamda wan ni’mata…
laka wal mulk laa syarika lak…

MADIUN – Lantunan do’a diatas menggema tidak di tanah suci Mekah Al-Mukarromah, do’a tersebut adalah do’a yang dilakukan para guru Agama Islam SD dan SMP, Kepala Sekolah SD dan SMP serta pejabat Dinas Pendidikan Kota Madiun.

Hari Senin, 13 februari 2023 Dinas Pendidikan bersama Kepala Sekolah dan guru melakukan rangkaian Manasik Umroh sebagai bentuk pembelajaran faktual di sekitar Pahlawan Religi Center. Jumlah peserta kurang lebih 350 orang. Kegiatan ini dimulai start dari area parkir Jl. Jawa (diilustrasikan sebagai tempat lam-lam di Mekah) berjalan dengan memakai ihram menuju ke Ka’bah (PRC Kota Madiun). Disanalah mereka melakukan Thawaf dan dilanjutkan Sa’i dan terakhir Tahalul.

Kepala Dinas Pendidikan bersama Ibu Sekretaris Dinas Pendidikan beserta Kepala Bidang membuka dan mengawali perjalanan umroh tersebut. Kepala Dinas Pendidikan Hj. Dr. Lismawati, S.Pd, M.Pd menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah wujud pembelajaran yang menumbuhkan karakter religius pada peserta sehingga pembangunan PRC ini bisa dimafaatkan untuk gambaran nyata situasi umroh atau haji.

“Ya benar, hari ini adalah awal para guru PAI untuk bisa mensimulasikan rangkaian umroh, yang selanjutnya akan diteruskan pada hari Selasa sampai dengan Kamis oleh para guru PAI dan siswa SD per kecamatan sejumlah kurang lebih 500 orang”. ungkap Kabid Kurikulum selaku koordinator kegiatan.

“Terima Kasih kami ucapkan kepada Ibu Kepala Dinas Pendidikan dan jajarannya, kami para guru Agama Islam telah difasilitasi Manasik ini, dan juga pihak terkait sehingga kegiatan lancar”. tutur Choirul Muutaqien, Ketua PAI SMP Kota Madiun. Semoga para siswa semakin semarak dan barokah
(nar/dok:sh/nk)





Categories: Berita

0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *