BUDAYA MUTU PENINGKATAN KUALITAS SEKOLAH

MADIUN – Setiap tahun secara rutin banyak ide dan upaya yang dilakukan oleh Dinas Pendidikan Kota Madiun khususnya oleh bidang Kurikulum pembinaan Bahasa dan Sastra.  Diantara rangkai kegiatan yang saling berkaitan dan berkesinambungan, diantaranya adalah Program Penjaminan Mutu Satuan Pendidikan SD-SMP; Praktik-praktik baik program unggulan sekolah serta praktik  guru dalam pembelajaran. Puncak rangkaian kegiatan tersebut  pada Oktober dan Nopember 2022 ini adalah Lomba Budaya Mutu ( LBM ) SD-SMP. Kegiatan kegiatan tersebut didasarkan pada Permendikbud Nomer 28 tahun 2016 tentang Penjaminan Mutu dan juga Program Kota Madiun yaitu Madiun Kota Pintar.  Kegiatan ini juga merupakan implementasi dari pelaksanaan Kurikulum Merdeka dalam mewujudkan Profil Pelajar Pancasila.

LBM ini diawali dengann Sosialisasi tentang maksud dan tujuan Lomba Budaya Mutu tentang Program Unggulan sekolah dan Inovasi Pembelajaran Guru, kepada kepala sekolah dan guru pada bulan Agustus 2022. Tahapannya adalah seleksi dokumen portofolio Kepala Sekolah tentang  Program Unggulan Sekolah dan Dokumen Inovasi Pembelajaran Guru SD-SMP tahun 2022.  Tahapan berikutnya dalah visitasi ke sekolah-sekolah, yang dilaksanakan pada bulan Oktober 2022. Peserta kegiatan adalah 73 SD dan 23 SMP. Dan puncaknya terpilih 5 terbaik Kepala Sekolah dan 5 terbaik Guru jenjang  SD-SMP yang  mengikuti tahap presentasi/paparan dihapan para juri professional.

“ ya benar, pada tanggal 3 dan 4 Nopember2022 ini, bertempat di Sarangan , Dinas Pendidikan Kota Madiun sedang melaksanakan kegiatan seleksi LBM. Ada dua jenis  yaitu LBM  program Kepala Sekolah tentang Unggulan Sekolah dan LBM Inovasi Pembelajaran Guru , “ ungkap Slamet Hariyadi selaku Kabid Kurikulum Pembinaan Bahasa dan Sastra.

Dinas Perndidikan bekerja sama dengan Praktisi Pendidikan dari Pengawas Sekolah dari Ponorogo dan Guru Besar UNIPMA Prof.Parji,M.Pd dan Dr Sudarmiani,M.Pd sebagai tim Juri LBM.

Tujuan dari LBM ini adalah untuk membudayakan Penjaminan Mutu di masing masing SD SMP sesuai potensi dan muatan local yang dimiliki di sekolah.  Untuk mengembangkan bakat dan minat peserta didik dengan layanan belajar sambal berkarya. Ini adalah bagian dari indikator keberhasilan pendidikan karakter di Kota Madiun, sebagaimana yang telah di tetapkan oleh dinas pendidikan , yaitu Pendikar Sakti ( Pendidikan Karakter dengan Sejuta Karya Prestasi).

Adapun hasil Lomba ini adalah sebagai berikut :

Program Unggulan Sekolah SD :

  1. Juara I  : Kepala SDN 1 Kartoharjo, dengan judul LBM “Budayaku Guntur Sakti”
  2. Juara II : Kepala SDN 5 Madiun Lor, dengan judul LBM “Mak Lis Bawa Lidi “
  3. Juara III : Kepala SDN 1 Klegen, dengan judul LBM “Mana Duta Memikat Gensa “
  4. Juara IV : Kepala SDN 2 Pangongangan, dengan judul LBM “KisMis Panda Menuju Generasi Hebat Abad 21 “
  5. Juara V : Kepala SDN Oro-Oro Ombo dengan judul LBM “Kaca Si Mis Rita “

Program Unggulan Sekolah SMP :

1.   Juara I  : Kepala SMPN 4 dengan judul LBM “Green Enterpreneur Stepa”
2. Juara II : Kepala SMPN 2 dengan judul LBM “Ekskul Karnival Sebagai Solusi Meningkatkan Kreatifitas SMPN 2“
3. Juara III : Kepala SMPN 11, dengan judul LBM “Pesilat Grass“
4. Juara IV : Kepala SMPN 6, dengan judul LBM “Aksi Bang Sidi“
5. Juara V : Kepala SMPN 3 dengan judul LBM “Kiter ID “

Program Inovasi Pembelajaran Guru  SD :

1.   Juara I  : Guru SDN 5 Madiun Lor, dengan judul LBM “Penerapan Media Ecoprint dan Flipbook untuk Meningkatkan Jiwa Enterpreneur dan Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas 4”
2. Juara II : Guru SDN 1 Pandean, dengan judul LBM “Pembelajaran Interakati Melalui Komik Digital Yang Berbasis Ramah Lingkungan Mapel PAI “
3. Juara III : Guru SDN Oro-Oro Ombo, dengan judul LBM “Gotig Snowing Bermain Poni Meningkatkan Numerasi Siswa Kelas 4 “
4. Juara IV : Guru SDN 2 Demangan, dengan judul LBM “Si Bela Pintar “
5. Juara V : Guru SDN 2 Nambangan Kidul, dengan judul LBM “Implementasi Lapbook Pada Model Pembelajaran PJBL untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 5

Program Inovasi Pembelajaran Guru  SMP :

1.   Juara I  : Guru SMPN 4, dengan judul LBM “Tera Cantik Jelita”
2. Juara II : Guru SMPN 14, dengan judul LBM “Aplikasi Sejari Tingkatkan Motivasi Belajar Siswa “
3. Juara III : Guru SMPN 11, dengan judul LBM “Membuat Mobile Phone, Charger dan Coin Battery untuk Memahami Sumber Energy Listrik MelaluiStrategi Applied Learning Dalam Pembelajaran Deferensiasi“
4. Juara IV : Guru SMPN 7, dengan judul LBM “Desmos untuk Salin Tua “
5. Juara V : Guru SMPN 8, dengan judul LBM “Gambar Seni Tingkatkan Keterampilan Menulis Naratif Teks Kelas 9“

Semoga Lomba Budaya Mutu ini akan menjadi budaya prestasi sekolah SD-SMP di Kota Madiun.
(nar/dok : hry/nk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *