DINAS PENDIDIKAN KOTA MADIUN

Dinas Pendidikan Kota Madiun

PENDIDIKAN KEPRAMUKAAN MEMBENTUK PROFIL PELAJAR PANCASILA

Published by admin on

MADIUN – Bumi perkemahan Ngrowo Bening tidak sepi kegiatan, para Pramuka SD – SMP di Kota Madiun tampak ceria dan berkarya dalam kehidupan perkemahan. Tenda tertata rapi dengan kekhasan pionering dalam ketrampilan simpul dan ikatan dalam membuat tapak tenda, gapura dan pagar perkemahan. Dan Juga kemampuan mereka dalam emasak ala rimba dengan bahan dan alat yang sederhana. Apa yang mereka lakukan adalah bentuk dari model pembelajaran Outdoor Learning. Hal ini sebagai implementasi Kurikulum Merdeka pada jenjang SD – SMP di Kota Madiun terus meningkat seiring dengan semangat prestasi yang telah diraih oleh pemerintah Kota Madiun dalam meuwujudkan Smart City melalui program Madiun Kota Pintar .

Kemampuan Literasi, Numerasi dan Pembentukan Karakter Peserta didik yang memiliki sikap dan perilaku pengamalan Pancasila difasilitasi oleh Dinas Pendidikan Kota Madiun melalui kegiatan Lomba Profil Pelajar Pancasila. Bentuk kegiatan tersebut dilaksanakan lewat uji kompetisi penerapan P5 melalui Ekstra kurikuler Pendidikan Kepramukaan yang telah dilaksanakan di satuan pendidikan.

Sebanyak 260 pramuka SD dan 360 pramuka SMP berlomba mulai tanggal 10-12 Oktober 2023. Dengan materi lomba , yaitu tantangan Literasi dan Numerasi. Tantangan Literasi yang harus mereka hadapi adalah menyelesaikan game edukatif tentang Pengamalan nilai nilai Pancasila melalui Puzzle Pancasila, Cerdas Cerdas Pancasila, Orasi kebangsaan sejarah Pancasila dan tokoh pendiri bangsa Indonesia. Dan tantangan Numerasi yang harus mereka selesaikan adalah mendesain dan mendirikan tapak tenda, menaksir ketinggian benda/phon , menaksir lebar sungai. Mereka memadukan konsep bilangan, pengukuran dan ilustrasi bentuk bangun datar dengan metode kepramukaan tentang perbandingan obyek /benda .

Kepala Dinas pendidikan menyampaikan sambutannya yang dibacakan oleh Kabid GTK bahwa pendidikan di Kota Madiun harus mengedepankan pembelajaran yang aktif dan faktual, serta mencegah terjadinya tindak kekerasan di satuan pendidikan. (nar/dok:sh/nk)

Categories: Berita

0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *