PAUD KOTA MADIUN HEBAT

MADIUN – “PAUD Berkualitas”, seperti apa implementasinya???

Pendidikan Anak usia Dini adalah masa pertumbuhan dan perkembangan yang sangat menentukan tingkat perkembangan selanjutnya. Masa “Golden Age” perlu penanganan secara serius dan kolaboratif. Dinas Pendidikan selaku OPD teknis dalam penjaminan mutu menyelenggarakan Lokakarya POKJA Bunda PAUD, sebagai langkah kongkrit penjaminan mutu PAUD berkualitas.

POKJA Bunda PAUD adalah kelompok kerja yang dibentuk oleh Bunda PAUD Kota Madiun pada Bulan Januari 2022, terdiri dari berbagai stakeholder dan OPD yang terkait. Diantaranya Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Dinas Sosial, Dinas Perpustakaan serta Bappelitbangda.

“Saat ini kami selaku POKJA Bunda PAUD telah menyusun program kerja Peningkatan Mutu PAUD Tahun 2023 yang didukung secara teknis oleh OPD dan stakehoolder terkait”. ungkap Kabid Kurikulum, PBS selaku panitia penyelenggara.

Adapun program POKJA Bunda PAUD terdiri dari :
1. Program Pengembangan Lingkungan Belajar Berkualitas.
2. Bidang Sosial, Kesehatan dan Pendidikan.
3. Bidang Kesehatan dan Tumbuh Kembang.
4. Bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.

Yang terjabar dalam 33 kegiatan.
Kegiatan lokakarya dibuka oleh Bunda PAUD Kota Madiun, Hj. Yuni Setyawati, S.Pd, M.Pd, beliau berpesan agar POKJA PAUD harus aktif dan kreatif dalam peningkatan mutu.

Sebagai narasumber utama adalah Bapak Walikota Madiun, Drs. H. Maidi, SH, MM, M.Pd. Dalam materinya beliau juga memerintahkan “Bahwa mutu PAUD harus dimulai dari pemahaman orang tua dalam mendidik anak usia dini. Maka di Kota Madiun harus segera dimulai sekolah Orang Tua Hebat oleh Dinas Pendidikan dan stakeholder terkait.

Hasil kegiatan dari lokakarya telah direkomendasikan yaitu :
1. Program kerja POKJA PAUD.
2. Sinergi Stakeholder secara berkala.
3. Terwujudnya SOTH (Sekolah Orang Tua Hebat)

(nar/dok:sh/nk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *