DINAS PENDIDIKAN KOTA MADIUN

Dinas Pendidikan Kota Madiun

PROGRAM SEKOLAH PENGGERAK

Published by admin on

MADIUN – Implementasi kebijakan Kemendikbudristek dalam peningkatan mutu sekolah telah dijalankan oleh Dinas Pendidikan Kota Madiun sejak diberlakukannya Merdeka Belajar. Sebagai episode Merdeka Belajar ke – 7, Kota Madiun telah lolos beberapa sekolah TK, SD dan SMP sebagai sasaran Program Sekolah Penggerak atau biasa disebut dengan PSP. Tahapan untuk mendapatkan predikat PSP sangat ketat seleksinya, Kota Madiun sebagai salah satu sasaran PSP angkatan 3 telah lolos 7 lembaga TK, 2 lembaga SD, dan 3 lembaga SMP.

PSP adalah program untuk percepatan mutu pendidikan di daerah. Dengan terpilihnya sekolah menjadi PSP maka diharapkan bisa menjadi katalisator mutu pendidikan di daerah ataupun nasional. Sebagai tindak lanjut tanggung jawab Pemerintah Kota Madiun terhadap sekolah yang telah terpilih, Dinas Pendidikan memberikan pendampingan dalam bentuk Sosialisasi dan Lokakarya bagi kepala sekolah, gurtu TK, SD dan SMP sebagai sekolah penggerak. Kegiatan pendampingan ini dimaksudkan agar para kepala sekolah dan guru semakin kuat dalam menjalankan implementasi Merdeka Belajar.

Kegiatan dibuka oleh Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Madiun, Heni Wisma Rosanawati, S.Pd, MT. Dalam sambutannya menyampaikan agar kualitas PSP di Kota Madiun semakin terwujud untuk memberikan layanan mutu bagi masyarakat.

Adapun narasumber dihadirkan dari unsur pejabat Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi Jawa Timur dan kepala sekolah dari pelaksana PSP angkatan 1 dari Kota Batu. Materi yang diberikan antara lain : 1. Penguatan Capaian Pembelajaran 2. Penilaian didalam merdeka Belajar 3. Program Penguatan Profil Pelajar Pancasila 4. Kebijakan Kurikulum dan Satuan Pendidikan. Materi tersebut selesai dalam 3 hari, dimulai sejak kemarin (13/3) sampai dengan besuk sekaligus penutupan dengan bertempat di Votel Kartika Abadi Hotel Madiun. (nar/dok:sh/nk)

Categories: Berita

0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *