DINAS PENDIDIKAN KOTA MADIUN

Dinas Pendidikan Kota Madiun

PELATIHAN OUTDOOR LEARNING BAGI GURU

Published by admin on

MADIUN – Upaya meningkatkan kompetensi guru terus dilakukan Dinas Pendidikan Kota Madiun. Salah satunya dengan diselenggarakannya Pelatihan Outdoor Learning bagi Guru jenjang SD dan SMP. Kegiatan yang diselenggarakan selama tiga hari mulai Senin (29/5) ini diikuti sejumlah 66 guru baik dari jenjang SD maupun SMP. 

Henrykus Titis, Kepala Bidang GTK yang juga sebagai Ketua Pelaksana kegiatan ini menyampaikan bahwa peserta pelatihan Outdoor Learning tahun 2023 diharapkan dapat meningkatkan kompetensinya sebagai guru serta mengimbaskan kepada guru di lembaganya masing-masing tentang ilmu yang didapat dalam pelatihan, sehingga secara bersama-sama mengimplementasikannya pada kegiatan belajar mengajar yang bersifat rekreatif dan edukatif serta pemanfaatan Chromebook dalam digitalisasi pembelajaran. Kepala Bidang GTK juga menyampaikan pesan dari Kepala Dinas Pendidikan, agar kegiatan ODL kali ini menjadi ODL Plus, sebagai tindak lanjut dari pengadaan 9.400 laptop Chromebook. Harapannya, setelah kegiatan ODL, dapat terwujud inovasi khususnya inovasi digital.

Senada dengan Titis, Heni Wisma selaku Sekretaris Dinas Pendidikan yang membuka kegiatan tersebut juga berharap peserta dapat mengikuti kegiatan dengan baik dan sungguh-sungguh.

“ODL tahun ini harus ODL Plus, artinya harus lebih dari yang sebelumnya. Kota madiun saat ini sudah menjadi salah satu kota yang melaksanakan pendidikannnya di atas rata-rata, terkait dengan digitalisasi. Karena kita sudah mencatatkan rekor MURI pengadaan Chromebook terbanyak”. Heni menambahkan, Chromebook yang sudah ada harus dimanfaatkan sebaik-baiknya dan  gawangnya adalah bapak ibu guru peserta ODL. Guru diharapkan dapat  menciptakan media pembelajaran yang dapat mensupport anak didik agar lebih kreatif.

Kegiatan kali ini menghadirkan narasumber dari Universitas Negeri Surabaya, Prof. Dr. Suyatno, M.Pd. dibantu tim dari Kwartir Daerah Jawa Timur yang telah berpengalaman dalam pelatihan outdoor learning. (tim_GTK)


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *