SOSIALISASI PROGRAM INDUKSI BAGI GURU PEMULA (GULA)

Pendidikan akan berhasil dengan baik jika didukung oleh semua faktor pendukungnya antara lain : sarana prasana, strategi, kurikulum, peran orang tua, iklim sekolah maupun keterlibatan siswa. Sebagian besar penelitian mengenai keberhasilan pendidikan menyebutkan bahwa kualitas guru dan kemampuan pedagogisnya adalah faktor yang paling penting dalam mempengaruhi prestasi akademik yang dicapai oleh siswa. Guru dengan segala kemampuannya yang meliputi kompetensi pedagogis, profesional, sosial dan individual merupakan ujung tombak pendidikan, pasalnya apapun sistemnya, software dan hardwarenya, pendidikan suatu bangsa tanpa didukung oleh kualitas dan profesionalisme guru sangatlah kecil kemungkinan dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Guru memang bukan satu-satunya faktor penentu keberhasilan pendidikan, ada banyak faktor lain yang juga ikut menentukan, tetapi proses pembelajaran sebagai titik sentral pendidikan sangat tergantung pada peran seorang guru. Pada proses pembelajaran guru memiliki andil sangat besar, sebagai inovator, fasilitator dan motivator. Guru harus bisa mengemas pembelajaran menjadi kegiatan yang menarik dan menggembirakan bagi para peserta didik. Keprofesionalan seorang guru akan terlihat pada kemampuannya dalam mengemas proses pembelajaran, dari mulai merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran.

Program pembimbingan guru pemula ini tentu harus direncanakan dengan baik dan matang kemudian dilaksanakan dengan evaluasi yang baik.

Program Induksi Guru Pemula dapat dilaksanakan dalam beberapa model. Pihak sekolah menggunakan Panduan Kerja yang disediakan Direktorat jenderal untuk memandu guru pemula dalam melaksanakan program induksi. Salah satu syarat untuk pengangkatan pertama kali dalam jabatan fungsional guru harus memiliki kinerja yang baik yang dinilai dalam masa program induksi.

TUJUAN :

  1. Memberikan pemahaman CPNS tentang tugas dan kewajibannya ;
  2. Memberikan pemahaman Kepala Sekolah tentang tugas dan tanggung jawabnya ;
  3. Memberikan pemahaman Pengawas Sekolah tentang tugas dan tanggung jawabnya.

NARASUMBER :

  1. Kepala Dinas Pendidikan Kota Madiun Drs. Heri Wasana ;
  2. Kepala Bidang GTK Dra. Rr. Dewi Susilowati ;
  3. Pengawas SMP Drs. Joko Mulyono ;
  4. Kepala Seksi Pembinaan Guru Gatot Susanto, S. Sos.

PESERTA :

Peserta yang mengikuti Sosialisasi Program Induksi Guru Pemula terdiri dari :

  1. Guru CPNS                             = 76
  2. Kepala Sekolah              = 76
  3. Pengawas SD, SMP        =  8

PELAKSANAAN :

Hari , Tanggal            : Kamis, 9 Mei 2019

Tempat          : Gedung “Graha Adi Wiyata” Dinas Pendidikan Kota Madiun