PEMILIHAN GURU-KEPALA SEKOLAH BERPRESTASI TINGKAT KOTA MADIUN TAHUN 2019

Guru/Kepala Sekolah adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik. Untuk melaksanakan tugasnya secara profesional, guru tidak hanya memiliki kemampuan teknis edukatif, tetapi juga harus memiliki kepribadian yang dapat diandalkan sehingga menjadi sosok panutan bagi siswa, keluarga maupun masyarakat.

Selaras dengan kebijakan pembangunan yang meletakkan pengembangan sumber daya manusia (SDM) sebagai prioritas pembangunan nasional, maka kedudukan dan peran guru semakin bermakna strategis dalam mempersiapkan SDM yang berkualitas dalam menghadapi era global. Era globalisasi menuntut SDM yang bermutu tinggi dan siap berkompetisi, baik pada tataran nasional, regional, maupun internasional. Pemilihan Guru/Kepala Sekolah berprestasi dimaksudkan antara lain untuk mendorong motivasi, dedikasi, loyalitas dan profesionalisme guru, yang diharapkan akan berpengaruh positif terhadap peningkatan kinerja dan prestasi kerjanya.

TUJUAN :

  1. Mengangkat derajat guru/kepala sekolah sebagai profesi terhormat, mulia, dan bermartabat, serta terlindungi.
  2. Meningkatkan motivasi dan profesionalisme guru/kepala sekolah dalam pelaksanaan tugas profesionalnya.
  3. Meningkatkan kompetisi guru/kepala sekolah secara sehat melalui pemberian penghargaan di bidang pendidikan.
  4. Membangun komitmen guru/kepala sekolah dalam rangka peningkatan mutu pembelajaran menuju standar nasional pendidikan.
  5. Memiliki keteladanan guru/kepala sekolah kepada peserta didik dalam menghadapi Abad 21

Tim Penilai dari Kegiatan Pemilihan Guru-Kepala Sekolah Berprestasi Tingkat Kota Madiun tahun 2019 teridiri dari :

  1. Akademisi
  2. Dewan Pendidikan
  3. Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI)
  4. Pengawas

Menurut Koordinator Kegiatan : Kepala Seksi Pembinaan Guru (Gatot Susanto, S.Sos) penilaian Pemilihan Guru-Kepala Sekolah Berprestasi Tingkat Kota Madiun tahun 2019  meliputi : Penilaian Portofolio, Penilaian PK-Guru, Penilaian Tes Akademik, Penilaian PTK/Artikel Ilmiah/Best Practice, Presentasi dan Tanya jawab, Keteladanan Akhlak Mulia

Peserta terdiri dari :

  1. Guru TK dan kepala TK perwakilan per Gugus
  2. Guru SD perwakilan per Gugus
  3. Guru SMP
  4. Kepala SD-SMP syarat menjadi Kepala Sekolah minimal 2 tahun

Kegiatan dilaksanakan di The SUN Hotel mulai tanggal 1,2,4,5 April 2019 di buka oleh Kepala Bidang Guru dan Tenaga Kependidikan Dinas Pendidikan Kota Madiun : Dra. Rr. Dewi Susilowati