WORKSHOP BEST PRACTISE 2022

BANYAK IDE YANG DILAKUKAN OLEH DINAS PENDIDIKAN KOTA MADIUN MALALUI BIDANG KURIKULUM PEMBINAAN BAHASA DAN SASTRA, DALAM MENINGKATKAN DAYA KREATIFITAS KEPALA SEKOLAH SD DAN SMP.

MADIUN – Workshop Best Practise tahun 2022 adalah salah satu kegiatannya. Maksud kegiatan ini adalah memberikan panduan kepada para kepala sekolah dalam menyusun laporan best practice yang ada di sekolah masing-masing, untuk menumbuhkan semangat kompetisi dalam budaya mutu dalam mengelola program sekolah dan inoivasi pembelajaran yang dilakukan oleh guru di kelas,” ungkap Slamet Hariyadi selaku Kabid Kurikulum sebagai ketua penyelenggara kegiatan. Kegiatan  terdiri 3 materi pokok, yaitu materi I konsep menemukan dasar penyusunan best practice berdasar data dari Raport Pendidikan; materi kedua adalah penyusunan laporan best practice menggunakan templete yang telah disediakan bidang kurikulum; sedangkan materi yang ketiga adalah presentasi dan gelar karya best practice  dari masing masing SD-SMP.

Pembukaan kegiatan dibuka secara langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Hj LIsmawati,S.Pd,M.Pd. pada sambutannya disampaikan bahwa setiap satuan pendidikan harus bisa menemukan ciri khas sekolah dalam membangun budaya mutu dalam meningkatkan mutu sekolah dan guru wajib berinovasi dalam pembelajaran. Kurikulum Merdeka  adalah kurikulum yang sangat cocok untuk diterapkan sekolah, sehingga setiap sekolah akan memiliki praktik-praktik baik sesuai potensi dan daya dukung sekolah. Fasilitas yang telah disediakan pemerintah kota seperti layanan internet, laptop gratis dan akses pembelajran yang dipermudah bahakan anggaran juga disediakan, agar dijadikan sebagai factor keberhasilan sekolah dalam berprestasi, “ ungkapnya.                

Peserta kegiatan ini sejumlah 133 orang terdiri dari Kepala SD SMP dan guru yang memiliki inovasi pembelajaran dari setiap satuan pendidikan. Nara sumber bekerja sama dengan nara sumber nasional dari pengawas sekolah, yaitu Tri Budhi Suslowati dan Pujianto dari Ponorogo. Dengan didampingi oleh pengawas kota Madiun sebagai pendamping kegiatan. Pelaksanaan selama tiga hari mulai tanggal 19-21 September 2022, bertempat di ballroom Sun Hotel Madiun. Hasil kegiatan adalah tersusunnya laporan best pratise dari setiap satuan pendidikan yang meliputi  hasil praktik baik inovasi pembelajaran dan inovasi kepala sekolah dalam menjalankan program sekolah sesuai  potensi yang dimiliki. Hasil ini akan di tindkalnjuti melalui budaya Mutu Pendidikan dalam bentuk lomba di bulan  Oktober 2022. Harapannya semua sekolah di Kota Madiun akan bermutu dan berprestasi.  ( nar/dok : ndanshari/nk )

Leave a Reply

Your email address will not be published.