SAATNYA KEMBALI KE SEKOLAH, MPLS 2022

MADIUN – Libur telah usai, saat yang ditunggu dan dinanti telah tiba. Memasuki tahun pelajaran baru 2022/2023, sekolah dalam hal ini dinahkodai oleh Dinas Pendidikan Kota Madiun membuka Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS), acara yang dilaksanakan pada hari pertama kali masuk sekolah yaitu Senin, 18 Juli 2022 nampak dihadiri dibuka langsung oleh Bapak Walikota Madiun Drs. H. MAIDI,SH, MM, M.Pd.

Dalam sambutannya beliau menegaskan anak-anak adalah generasi penerus bangsa yang akan meneruskan perjuangan bangsa ini. Walikota berpesan supaya kelak anak-anak dapat tumbuh dan layak sesuai kebutuhannya. Seiring dengan banyaknya prestasi dan penghargaan yang diraih oleh Kota Madiun, Walikota menandaskan bahwa akan memberikan hadiah yang cukup fantastis bagi siswa-siswi yang berhasil membawa nama harum Kota Madiun di tingkat provinsi maupun nasional. Pola hidup sehat pun tak lupa harus diterapkan sembari berolah raga diharap siswa-siswi bergotong royong menjaga kebersihan sekitar.

Upacara Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) yang diselenggarakan di Ngrowo Bening Edupark dihadiri oleh Anggota Dewan, Dewan Pendidikan, Tenaga ahli pendidikan, Kepala OPD serta perwakilan siswa-siswi mulai dari jenjang TK, SD dan SMP yang tentunya didampingi juga bapak ibu guru dan kepala sekolah. Maksud dan tujuan daripada kegiatan ini diadakan adalah supaya siswa mengenali potensi diri masing-masing, membantu siswa baru beradaptasi dan berinteraksi positif dengan lingkungan sekolah dan sekitarnya, menumbuhkan motivasi, semangat, dan cara belajar efektif dan pembinaan awal kultur di sekolah dan yang tidak kalah penting supaya siswa bisa saling  menghargai, menghormati keanekaragaman dan persatuan, kedisiplinan, hidup bersih dan sehat untuk mewujudkan siswa yang punya nilai integritas, etos kerja, dan semangat gotong royong.

Jauh sebelum adanya MPLS bagi peserta didik baru, setiap sekolah mengadakan Masa Orientasi Siswa (MOS) dan kemudian diganti dengan MPLS

Pelaksanaan MPLS sendiri diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) RI Nomor 18 Tahun 2016. Beberapa aturan menyebutkan dalam pelaksanaannya: Kegiatan dilaksanakan maksimal 3 hari pada minggu pertama awal tahun ajaran baru, kegiatan wajib dilaksanakan pada hari dan jam sekolah, kegiatan harus bersifat edukatif dan kreatif dan dilarang melibatkan senior atau alumni. (nar/dok:dik/ni)

Leave a Reply

Your email address will not be published.