Festival Lomba Seni Siswa Nasional dan Kompetisi Olahraga Siswa Nasional 2021 Kota Madiun: Tetap Berkarya di Tengah Pandemi

FLS2N dan KOSN 2021 Kota Madiun: Tetap Berkarya di Tengah Pandemi

Pendidikan Dasar  merupakan bagian dari sistem pendidikan yang menyeluruh dalam rangka pengembangan prestasi dan karakter peserta didik agar tumbuh dan berkembang secara seimbang baik jasmani dan rohani. Pengembangan prestasi dan karakter peserta dimaksudkan meliputi penguasaan ilmu pengetahuan, pembentukan kepribadian, moral, religius, serta memiliki ketrampilan hidup menuju generasi muda yang potensial.

Dalam hal penguatan kompetensi bidang seni dibutuhkan sebuah ajang  pengembangan seni bagi peserta didik. Ajang festival  dan lomba ini diharapkan akan menguatkan dan menumbuhkan kreativitas serta ekspresi yang baik bagi peserta didik dan juga dengan terselenggarakannya KOSN tahun 2021, diharapkan memberikan wadah dan apresiasi sesuai dengan minat dan bakat peserta didik dalam bidang olah raga, terutama adalah pendidikan karakter yang tertanam dalam nilai-nilai luhur olah raga yaitu fair play.

Dinas Pendidikan Kota Madiun dalam mewujudkan Ekplorasi Talenta Seni dan Budaya pada Masa Pandemi Untuk Indonesia Pulih serta Melejitkan Talenta Prestasi Olah Raga Peserta Didik untuk Indonesia Pulih telah melaksanakan Seleksi Tingkat Kota untuk FLS2N dan KOSN.

Sebagai upaya memberikan ruang bagi unjuk bakat, minat, kreativitas serta inovasi, maka Pusat Prestasi Nasional, Skretariat Jenderal, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Tekhnologi menyelenggarakan Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) yang didukung oleh Dinas Pendidikan Kota Madiun, penggiat seni, serta kalangan masyarakat profesi. Dengan terselenggaranya FLS2N diharapkan akan memperluas cakrawala pengetahuan seni, meningkatkan kemampuan bersosialisasi, kolaborasi dan toleransi.

Untuk Sasaran FLS2N Pendidikan Dasar adalah peserta didik jenjang SD, SMP atau Sederajat di Seluruh Indonesia dengan mengambil Tema “ Eksplorasi Talenta Seni dan Budaya pada Masa Pandemi untuk Indonesia Pulih

Dan sebagai upaya memberikan ruang untuk unjuk minat bakat, kemampuan softskill, leadership, jiwa kompetitif dan spirit tim juga menyelenggarakan Kompetensi Olah Raga Siswa Nasional (KOSN) Pendidikan Dasar tahun 2021  ke -14 yang didukung oleh PB IPSI dan PB FORKI serta pengurus daerah dan cabang, Wasit dan Juri Cabang olah raga pencak silat dan karate, Dinas Pendidikan Kab/Kota, penggiat olah raga, KKGO/MGMP, praktisi dan akedemisi maupun profesional dibidang olah raga, peserta didik/atlet, serta kalangan masyarakat.

Untuk Sasaran KOSN Pendidikan Dasar adalah peserta didik jenjang SD, SMP atau Sederajat di Seluruh Indonesia dengan mengambil Tema “ Melejitkan Talenta Prestasi Olah raga Peserta Didik  untuk Indonesia Pulih

Adapun cabang lomba FLSN dan KOSN yaitu :

Cabang Lomba peserta jenjang SD

1. Menyanyi Tunggal

2. Seni Tari

3. Pantomim

4. Gambar Bercerita

5. Kriya Anyam

 Jenjang SMP

1. Festival Kreativitas Tari

2. Festival Kreativitas Musik Traditional

3. Lomba Gitar Duet

4. Lomba Menyanyi Solo

5. Lomba Desain Poster

Cabang Lomba KOSN  jenjang SD dan SMP

1. Pencak Silat

2. Karate

Adapun mekanisme seleksi di tingkat Kab/kota, Dinas Pendidikan Kota Madiun telah menyelenggarakan secara virtual seleksi di Tingkat kota dengan supervisi dari Pusat Prestasi Nasional yang sudah dilaksanakan Tanggal 24 Juni 2021 untuk seleksi FLS2N  dan Tanggal 29 Juni 2021 untuk Seleksi  KOSN  dengan menetapkan 6 peserta/ tim  per cabang lomba 3 besar peserta/ tim terbaik yang akan mengikuti seleksi babak penyisihan.

Berikut kami sampaikan daftar pemenang Seleksi  FLSN dan KOSN seleksi tingkat Kota Madiun.