LAPORAN PPID

Laporan PPID tahun 2019

Laporan Kinerja Pengelola Pelayanan Informasi dan Dokumentasi PPID Pembantu Dinas PENDIDIKAN                   Kota Madiun Tahun 2019

RINGKASAN LAPORAN LAYANAN INFORMASI PUBLIK TAHUN 2019

DINAS PENDIDIKAN KOTA MADIUN

  1. Gambaran Umum Kebijakan Pelayanan Informasi Publik

          Dalam rangka mewujudkan pemerintahan yang baik (good governance), keterbukaan informasi publik menjadi salah satu langkah penting yang tidak dapat dipisahkan dari fungsi badan publik atau institusi pemerintahan. Atas dasar itulah pemerintah telah mengesahkan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 yang membahas tentang pembentukan Keterbukaan Informasi Publik (UU KIP).

          Untuk mendukung hal tersebut, pemerintah telah membuat kebijakan tentang pembentukan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) disemua instansinya, tak terkecuali di Dinas Pendidikan Kota Madiun yang dibentuk dengan diterbitkannya Surat Keputusan Kepala Dinas Pendidikan Kota Madiun No. 042 – 401.109 / 2922 / 2017 tentang Struktur Organisasi dan Uraian Tugas PPID Pembantu Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Dinas Pendidikan Kota Madiun.

          Dengan adanya Surat Keputusan tersebut diharapkan pelaksanaan PPID Pembantu Dinas Pendidikan Kota Madiun dapat lebih terawasi oleh Atasan PPID Pembantu sehingga mampu melayani masyarakat dengan lebih baik.

  1. Gambaran Umum Pelaksanaan Informasi Publik

          PPID Pembantu tidak memiliki ruang tersendiri dan petugas khusus dalam melakukan pelayanan. Karena pada dasarnya jabatan PPID Pembantu merangkap jabatan yang telah ada (ex officio). Hal ini juga yang mendasari tidak adanya anggaran khusus bagi PPID Pembantu di Dinas Pendidikan Kota Madiun.

          Berikut Struktur Organisasi PPID Pembantu Dinas Pendidikan Kota Madiun.

Nomor         : 042.401.101/2922 /2017 Tanggal         :22Desember 2017

PEJABAT PENGELOLA INFORMASI DAN DOKUMENTASI (PPID) PEMBANTU

DINAS PENDIDIKAN KOTA MADIUN

No.JABATAN JABATAN DALAM DINAS
1Atasan PPID:Kepala Dinas Pendidikan Kota Madiun
    
2   3PPID Pembantu   Sekretaris:   :Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Madiun   Kasubag Perencanaan dan Kepegawaian
   Dinas Pendidikan Kota Madiun
4Bidang Pelayanan Informasi dan Dokumentasi Koordinator   Anggota      :   :        Kabid Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kota Madiun Kasi SD Dinas Pendidikan Kota Madiun
5           6Bidang Pengolah Data dan Klasifikasi Informasi Koordinator   b. Anggota   Bidang Penyeselesaian Sengketa Informasi a. Koordinator   b. Anggota      :   :       :   :    Kabid PAUD dan PNF Dinas Pendidikan Kota Madiun   Staf Sub Bag Perencanaan dan Kepegawaian Dinas Pendidikan Kota Madiun     Kabid Guru dan Tenaga Kependidikan Dinas Pendidikan Kota Madiun Kasi Mutasi dan Pengembangan Karier Guru Dinas Pendidikan Kota Madiun

Lampiran Keputusan Kepala Dinas Pendidikan Kota Madiun

Nomor         : 042.401.101/2922/2017

Tanggal       :22 Desember 2017

          Tersebut tercantum bahwa Kepala Dinas Pendidikan Kota Madiun bertindak sebagai Atasan PPID Pembantu dimana beliau bertanggung jawab dan mengawasi kinerja PPID Pembantu Dinas Pendidikan Kota Madiun.

          Sementara ketua PPID Pembantu dijabat oleh Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Madiun dan sekretaris PPID Pembantu dijabat oleh Kasubag Perencanaan dan Kepegawaian.

          PPID Pembantu Dinas Pendidikan Kota Madiun terdapat 3 (tiga) bidang yaitu Bidang Pelayanan Informasi dan Dokumentasi dikoordinator oleh  Kabid Pendas, Bidang Pengolah Data dan Klasifikasi Informasi dikoordinator oleh Kabid Paud dan PNF, dan Bidang Penyelesaian Sengketa Informasi dikoordinator oleh Kabid GTK.

          Dalam pelaksanaan pelayanan informasi publik, PPID Pembantu Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Madiun telah memiliki beberapa Standar Prosedur Operasional (SOP) :

  1. SOP Penyusunan Daftar Informasi dan Dokumentasi Publik
  2. SOP Pelayanan Permohonan Informasi Publik
  3. SOP Uji Konsekuensi Informasi Publik
  4. SOP Penanganan Keberatan Informasi Publik
  5. SOP Fasilitasi Sengketa Informasi

PPID Pembantu Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Madiun memiliki fasilitas yaitu :

  1. Meja pelayanan informasi publik
  2. Kursi tunggu pemohon informasi
  3. Telepon
  4. Internet / Wifi
  5. Website disdik.madiunkota.go.id
  6. Faxsimile

        Adapun maklumat Pelayanan Informasi Publik PPID Dinas Pendidikan Kota Madiun adalah :

Kami berupaya memberikan pelayanan informasi publik dengan sungguh-sungguh untuk dapat :

  1. Memberikan pelayanan informasi yang cepat dan tepat waktu
  2. Memberikan kemudahan dalam mendapatkan informasi publik bidang komunikasi dan informatika yang diperlukan dengan murah dan sederhana
  3. Menyediakan dan memberikan informasi publik yang akurat, benar dan tidak menyesatkan
  4. Menyediakan daftar informasi publik untuk informasi yang wajib disediakan dan diumumkan
  5. Menyiapkan ruang dan fasilitas yang nyaman dan tertata baik
  6. Merespon dengan cepat permintaan informasi dan keberatan atas informasi publik yang disampaikan baik langsung maupun melalui media
  7. Menyiapkan petugas informasi yang berdedikasi dan siap melayani.

Sedangkan visi dan misi PPID Dinas Pendidikan Kota Madiun adalah

Visi :

Terwujudnya pelayanan informasi kinerja Pelayanan Dinas Pendidikan Kota Madiun yang transparan dan bertanggung jawabsesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Misi :

Meningkatkan pengelolaan dan pelayanan informasi yang berkualitas

Meningkatkan insfrastruktur pelayanan dan kompetensi SDM pengelola PPID Dinas Pendidikan Kota Madiun.

  1. Rincian Pelayanan Informasi Publik

          PPID Pembantu Dinas Pendidikan Kota Madiun memberikan pelayanan permohonan informasi publik yang dilakukan setiap hari kerja :

Senin s/ d Kamis     : jam 08.00 – 15.00 WIB

Jumat                    : jam 08.00 – 11.00 WIB

          Para pemohon informasi dapat melakukan permohonan informasi baik secara langsung ke Dinas Pendidikan Kota Madiun maupun melakukan permohonan informasi secara tidak langsung melalui e-mail Dinas Pendidikan Kota Madiun yaitu dinaspendidikankotamadiun@gmail.com

          Berikut rincian permohonan informasi yang diterima oleh Dinas Pendidikan Kota Madiun tahun 2019 :

  1. Jumlah permohonan informasi publik melalui media elektronik (e-mail) sebanyak 0 jenis permohonan.
  2. Jumlah permohonan informasi publik yang diterima secara langsung sebanyak 14 jenis permohonan.
  3. Jumlah permohonan informasi publik yang dipenuhi sebanyak 14 jenis permohonan.
  1. Rincian Penyelesaian Sengketa Informasi Publik

Tidak ada pengajuan sengketa selama tahun 2019

  • Kendala Internal dalam Pelaksanaan Layanan Informasi Publik

        Tidak ada SDM khusus yang menangani PPID Pembantu, sehingga semua pejabat dan petugas PPID Pembantu memiliki jabatan rangkap sementara mereka telah memiliki pekerjaan utama yang banyak.

  • Kendala Eksternal dalam Pelaksanaan Layanan Informasi Publik

        Tidak ada kendala eksternal

  • Rekomendasi dan Rencana Tindak Lanjut untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan Informasi

Adapun rencana tindak lanjut pelayanan informasi publik adalah sebagai berikut :

  1. Memperbanyak transparansi informasi yang akan disampaikan kepada publik khususnya tentang transparansi anggaran.
  2. Peningkatan pelaksanaan standar layanan informasi di PPID pembantu.