KEGIATAN PENINGKATAN KOMPENTENSI SDM GURU TK TAHUN 2020

Pendidikan yang baik merupakan wahana untuk membangun sumber daya  manusia (human resource) dan sumber daya manusia tersebut menjadi faktor determinan bagi keberhasilan pembangunan dan kemajuan suatu bangsa.

Pada abad 21, manusia mengalami perkembangan ilmu pengetahuan dalam segala bidang. Salah satu yang paling menonjol adalah bidang informasi dan komunikasi. Hal ini seolah membuat dunia semakin sempat karena segala informasi dari penjuru dunia mampu diakses dengan instan dan cepat oleh siapapun dan dimanapun. Di sisi lain pada abad 21 ini permasalahan yang dihadapi manusia semakin kompleks, seperti pemanasan global, krisis ekonomi global, terorisme, rasisme, drug abusehuman trafficking, rendahnya kesadaran multikultural, kesenjangan mutu pendidikan, dan lain sebagainya. Keseluruhan hal tersebut mengisyaratkan bahwa pada abad 21 ini dibutuhkan persiapan yang matang dan mantap baik konsep maupun penerapan untuk membentuk sumber daya manusia yang unggul.

Guru pada abad 21 ditantang untuk melakukan akselerasi terhadap perkembangan informasi dan komunikasi. Kemajuan teknologi informasi telah meningkatkan fleksibelitas dalam pemerolehan ilmu pengetahuan bagi setiap individu baik guru maupun siswa. Konsekuensinya, guru dituntut mampu mengembangkan pendekatan dan strategi pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan lingkungan. Selain itu, tersedia pula informasi yang melimpah mengenai pendidikan. Kondisi ini meningkatkan alternatif pilihan pendidikan bagi orang tua dan masyarakat. Hal ini berimbas pada peningkatan tuntutan mutu pendidikan oleh masyarakat.

Peserta Kegiatan Peningkatan Kompetensi SDM Guru TK Tahun 2020 diharapkan guru TK mampu :

  1. Membuat dan menerapkan proses pembelajaran HOTS ;
  2. Membuat dan menerapkan proses pembelajaran STEAM ;
  3. Melatih guru untuk membuat Digital Portofolio ;
  4. Melatih guru untuk membuat RPP 1 Lembar.

Narasumber Kegiatan Peningkatan Kompetensi SDM Guru TK Tahun 2020.

  1. Drs. H. MAIDI, SH, MM, M.Pd (Walikota Madiun)
  2. Drs. Heri Wasana (Kepala Dinas Pendidikan)
  3. Ibu Dr. Ratnawati Muniningrum, M.Pd (P4TK TK dan PLB Bandung)
  4. Ibu Sadiah Kusumahwati, S.Pd, M.Ed (P4TK TK dan PLB Bandung)
  5. Pengawas Sekolah TK  (Sagung Tupainarto, S.Pd, M.Pd, Sri Mulyani, S.Pd, M.Pd, Sumarmi, S.Pd. Aud, Dra. Sulih Budiharti, M.Pd)

Materi dalam kegiatan pelatihan ini meliputi : HOTS, STEAM, Digital Portofolio dan RPP 1 Lembar.

Peserta Kegiatan Peningkatan Kompetensi SDM Guru TK Tahun 2020 terdiri dari Guru TK sebanyak 40 orang guru terdiri dari  :

  • Juara 1, 2 ,3 Guru Berprestasi 2015-2019        
  • Juara 1, 2 ,3  INOBEL
  • Guru Inti/IN dan Pengurus IGTKI 

Kegiatan dilaksanakan pada :

Hari              : Selasa – Kamis 

Tanggal        : 3 s/d 5 Maret 2020

Pukul            : 07.00 s/d 16.00 WIB

Tempat         : Graha Mangga (depan Hotel Setia Budi)

Jl. Mangga No. 7 – 8 Kota Madiun

Dapat disimpulkan bahwa Kegiatan Peningkatan Kompetensi SDM Guru TK Tahun 2020 berjalan dengan Lancar sesuai dengan schedule yang telah di tentukan.

Kegiatan di buka oleh Kepala Bidang Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Dinas Pendidikan Kota Madiun, Bapak SUPRIHARJO, SE. Koordinator Kegiatan Kepala Seksi Pembinaan Guru (Gatot Susanto, S.Sos).