KEGIATAN OUTDOOR LEARNING SEMINAR DENGAN TEMA “ KTSP DARURAT DALAM MASA PANDEMI COVID-19” TAMAN KANAK-KANAK TAHUN 2020″

Pendidikan yang baik merupakan wahana untuk membangun sumber daya  manusia (human resource) dan sumber daya manusia tersebut menjadi faktor determinan bagi keberhasilan pembangunan dan kemajuan suatu bangsa.

Pada abad 21, manusia mengalami perkembangan ilmu pengetahuan dalam segala bidang. Salah satu yang paling menonjol adalah bidang informasi dan komunikasi. Hal ini seolah membuat dunia semakin sempat karena segala informasi dari penjuru dunia mampu diakses dengan instant dan cepat oleh siapapun dan dimanapun. Di sisi lain pada abad 21 ini permasalahan yang dihadapi manusia semakin kompleks, seperti pemanasan global, krisis ekonomi global, terorisme, rasisme, drug abusehuman trafficking, rendahnya kesadaran multikultural, kesenjangan mutu pendidikan, dan lain sebagainya. Keseluruhan hal tersebut mengisyaratkan bahwa pada abad 21 ini dibutuhkan persiapan yang matang dan mantap baik konsep maupun penerapan untuk membentuk sumber daya manusia yang unggul.

Guru pada abad 21 ditantang untuk melakukan akselerasi terhadap perkembangan informasi dan komunikasi. Kemajuan teknologi informasi telah meningkatkan fleksibilitas dalam pemerolehan ilmu pengetahuan bagi setiap individu baik guru maupun siswa. Konsekuensinya, guru dituntut mampu mengembangkan pendekatan dan strategi pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan lingkungan. Selain itu, tersedia pula informasi yang melimpah mengenai pendidikan. Kondisi ini meningkatkan alternatif pilihan pendidikan bagi orang tua dan masyarakat. Hal ini berimbas pada peningkatan tuntutan mutu pendidikan oleh masyarakat.

Peserta Kegiatan Outdoor Learning Seminar Guru TK Tahun 2020 diharapkan guru TK mampu, mengetahui dan menerapkan sistem KTSP Darurat untuk masa pembelajaran sekarang.

Narasumber Kegiatan Outdoor Learning Seminar Guru TK Tahun 2020.

Dari Dinas Pendidikan Kota Madiun Pengawas Sekolah TK

Sagung Tupainarto, S.Pd, M.Pd

Sri Mulyani, S.Pd, M.Pd

Dra. Sulih Budiharti, M.P

dan dengan Moderator

Sumarmi, S.Pd. Aud

Materi dalam kegiatan seminar ini adalah KTSP Darurat Dalam Masa Pandemi Covid-19 Taman Kanak-Kanak

Peserta Kegiatan Outdoor Learning Seminar Guru TK Tahun 2020 terdiri dari Guru TK sebanyak 40 orang guru terdiri dari  :

  • Juara 1, 2 ,3 Guru Berprestasi 2015-2019        
  • Juara 1, 2 ,3  INOBEL
  • Guru Inti/IN dan Pengurus IGTKI 

Kegiatan dilaksanakan pada :

Hari               : Selasa

Tanggal         : 11 Agustus 2020

Pukul             : 08.00 WIB s/d selesai

Tempat         : Gedung Adi Wiyata Dinas Pendidikan Kota Madiun

Jl. Mastrip No. 21 Kota Madiun

Kegiatan Outdoor Learning Seminar Guru TK Tahun 2020 berjalan dengan Lancar sesuai dengan jadwal yang telah di tentukan dan menerapkan Standart Protokol Kesehatan.

Kegiatan di buka oleh Kepala Dinas Pendidian Kota Madiun Bapak Drs. Heri Wasana.
Koordinator Kegiatan : Kepala Seksi Pembinaan Guru (Gatot Susanto, S.Sos).

Petugas MC              : Azizah Arumningtyas

Petugas Doa            : Sudarsono

Dirigen                     : Sri Istiana

Beberapa dokumentasi saat kegiatan :