Aplikasi SIRUP Ver 2.3

Cara Penggunaan SiRUP LKPP Versi 2.3

Berikut fitur-fitur terbaru di SiRUP versi 2.3:

  1. Pemisahan fungsi akun PA dan KPA, serta penambahan akun PPK dari SPSE;
  2. Kelola level Program, Kegiatan, Ouput, Sub-Output, Komponen (PKOK) pada Kementerian/Lembaga;
  3. Kelola level Program, Kegiatan (PK) pada Perangkat Daerah;
  4. Akun PA/KPA dapat mendelegasikan Level Kegiatan, Output, Sub-Output hingga Komponen kepada PPK;
  5. PA/KPA terkoneksi dengan INAPROC terkait Penayangan Daftar Hitam Penyedia;
  6. Jumlah pagu paket tidak dapat melebihi pagu kegiatan;
  7. Dalam satu formulir paket penyedia, dapat mengakomodir lebih dari satu jenis pengadaan;
  8. Tersedia pilihan tipe swakelola dalam pembuatan paket swakelola;
  9. Pembuatan paket Dekonsentrasi dan Tugas Pembantuan melalui mekanisme upload RKA Dekon/TP.

Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat mengakses Tata Cara Penggunaan Aplikasi SiRUP v2.3 (user guide) di tautan berikut https://sirup.lkpp.go.id/sirup/beritactr/show?id=3

tugas PAKPA adalah untuk mengumumkan rup nya
tugas PPK dan PAKPA terkait aplikasi bisa di delegasikan misal ke staf
https://sirup.lkpp.go.id/sirup/ro/berita/41
https://drive.google.com/drive/folders/1B0ERWWm2ruf6vUSFi00n50tDOH5Nmq2b?zx=4opdvvxlq1kq

Sehubungan dengan pemberlakuan Perpres 16 Tahun 2018 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah, dimana penyusunan Perencanaan Pengadaan dilakukan oleh PPK, maka pada Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan (SiRUP) saat ini juga menyesuaikan dengan adanya tambahan pengguna yaitu user PPK, dimana user PPK dibuat oleh admin agency LPSE melalui aplikasi SPSE (e-tendering), Silahkan berkoordinasi dengan LPSE K/L/PD yang membawahi instansi Bapak/Ibu.
Langkah-langkah:

PPK;

  1. PPK meminta Akun PPK kepada Admin Agency LPSE (jika belum ada)
  2. PPK melakukan login di aplikasi SPSE
  3. Pilih menu “Aplikasi-Eproc lainnya”
  4. Pilih tombol link SiRUP
  5. Lengkapi isian form Data
    (pastikan pilih K/L/PD dan Satker/OPD dengan tepat) -> Klik Simpan

PAKPA;

  1. PAKPA melakukan login di SiRUP
  2. Lakukan verifikasi PPK
  • Pilih Menu Kelola Data -> Pilih Sub Menu Kelola Pengguna -> Klik icon paling kanan di kolom action (verifikasi PPK)
  1. Delegasi Program/Kegiatan/Output/Komponen (PKOK) ke PPK
  • ​Pilih Menu Kelola Data -> Pilih Sub Menu Kelola PKOK -> Pilih salah satu anggaran Program/Kegiatan/Output/SubOutput/Komponen -> Edit PKOK tersebut -> pilih PPK diisian Delegasikan Kepada -> Klik Simpan
    PPK;
  1. Login PPK di SPSE (e-Tendering)
  2. Pilih menu “Aplikasi-Eproc lainnya”
  3. Pilih tombol link SiRUP
  4. Buat Paket:
  • Secara Manual: Pilih Menu “RUP” -> Pilih Sub Menu Penyedia/Swakelola -> Tambah Paket
  • Secara Identifikasi Pemaketan (upload file): Pilih Menu “RUP” -> Pilih Sub Menu Rencana Kerja Anggaran -> Pilih Salah satu Kegitan/Komponen -> Identifikasi Pemaketan->Generate Paket-> Lengkapi isian formulir
  1. Finalisasi Draf Paket
  • ​Pilih Menu “RUP” -> Pilih Sub Menu Penyedia/Swakelola -> Pilih paket yang akan di finalisasi dengan klik check box di kolom FD -> Klik
    tombol Finalisasi Draft yang berada di kanan atas tabel
    PAKPA:
  1. PAKPA melakukan login di SiRUP
  2. Umumkan paket
  • ​Pilih Menu “RUP” -> Pilih Sub Menu Penyedia/Swakelola -> Pilih paket yang akan di umumkan dengan klik check box di kolom U -> Klik tombol Umumkan yang berada di kanan atas tabel